Sunday, July 19, 2009

Seragam

Recent items: hape, diktat soal rps, proposal ospek
Recent track : Butterfly Boucher – Life Is Short

Beberapa minggu kemaren, gw dan kaka kedua jalan ke Ciwalk buat nonton Night At The Museum 2 : The Smithsonian bla, bla.. –lupa- (yg trnyata kalah rame, ato SERU kta sbagian org, dari yg prtama. soalnya aga maksa di sbagian ceritanya...yauda si, gw gkan bahas ini jga. lanjut!) dalam rangka traktiran sbage bentuk sukuran gw atas hasil sooca yg cukup memuaskan. Ngeeng. Dan melajulah kami di atas Ali menyelami kemacetan jalan Cihampelas di akhir minggu.

Display Kenwood di dashboard Ali menunjukan 88,7 FM.
Pembawa berita : Yah, dan berikut adalah wawancara kami dengan para pelajar SMU yang baru lulus..

Reporter : Dek, knapa sih adek dan teman-teman semua nyoret-nyoret baju seragam?

Ababil sotoy : Oh gini mas, sebenernya ini bentuk ekspresi kebebasan kita aja. Kan seneng akhirnya bisa bebas dari seragam yg uda tiga taun kita pake. Hehe..

Kaka : Alaah, dasar bocah-bocah bego. Kalo ntar mereka, luckily, bisa jadi pns jga bakal pake seragam lagi.. Tolol.

Ali : Nguung.. *pssshh (suara mesin mati)

Gw : Yee sewot si sewot aj, tapi ga pake lupa ngopling dong..

Kaka : *nyengir

Dan menyalaklah klakson mobil-mobil yang mengantri di belakang..

Tapi dipikir-pikir, omongan kaka gw -kadangkala- ada benernya juga. Memicu gw untuk berpikir betapa terjebaknya kita dalam keseragaman. Contoh konkritnya, bgitu mereka lulus sma dan terus kuliah, sadar ga sadar mereka masih pake seragam. Yg cowo bakal serupa dengan jeans belel, kaos distro, converse (or converse-look-alike) dan tas selempang. Yg cewe bakal lebih mending si, lebih banyak variasi. But the simile fits. Skinny jeans, kaos ketat, flatshoes, tas-jinjing-cuma-muat-hape-dompet-tisu-kwaci yg bikin mereka harus megangin buku di satu tangan dan belingsatan nyetop angkot kalo tangan satu lagi dipake ngupil. Soal knapa mereka keukeuh nguil di saat harus nyetop angkot, jangan tanya gw.

On the bigger picture, kita seragam ga cuman soal pakean doang. Being born, go to school, work, got marred, having a son, then a grand one is a similar life-line most of us have. This, from one way of seeing things, is also uniformity. Kita ini makhluk sosial yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat sosial yang penuh kode-kode implisit tentang gimana kita mesti idup, ngasi setitik manfaat buat dunia dan akhirnya, mati. Tipikal. Seragam.

Got it? The rules might no longer exist, but the society does. Society rules for eternity, maan.


NB : This writing is a bit dark and sceptical, don’t u find? Hahah. Gatau nih, lagi mendung kali.
NB, again : ABABIL --> Anak BAru gede yg laBIL



Outtie.

No comments: