Saturday, September 20, 2014

PTT: Technicalities

Gue udah ga inget sejak kapan mulai minat PTT. Mungkin dari sejak bolak-balik ngeyakinin orang kalo biaya kuliah gue dari masuk sampe dapet gelar dokter itu total jendral cuma sekitar 21 juta, sebanding sama biaya satu semesternya beberapa fakultas kedokteran universitas swasta. Biaya pendidikan bisa diteken sampe sekecil itu karena setelah gue telisik ternyata sebagian biaya operasinya disubsidi oleh pemerintah yang asalnya dari pajak yang dibayar sama masyarakat. Itu tentu dulu sebelum banyak universitas negeri berubah bentuk jadi BHMN (Badan Hukum Milik Negara) dengan konsekuensi kewenangan lebih luas tapi pembiayaan lebih mandiri. Mungkin juga sejak gue sadar bahwa sementara idup gue di kota begitu nikmat, masih banyak masyarakat di daerah pinggiran atau di luar Pulau Jawa yang ga punya akses ke kemudahan (atau bahkan kebutuhan dasar seperti kesehatan) yang setiap harinya gue rasain. Kerjaan Bokap yang udah puluhan taun bolak-balik ke pelosok-pelosok terpencil di seluruh Indonesia untuk ngebangun infrastruktur penyediaan air bersih dan pengolahannya adalah jendela utama tempat gue bisa liat kenyataan itu.

Pengen sebatas pengen, jaman kuliah dulu ga ada tuh kepikiran untuk nyaritau lebih jauh soal PTT itu apa, gimana teknis pelaksanaannya, apalagi mikirin dasar peraturan dan payung hukumnya. Namanya mahasiswa ya isi kepalanya bisa ditebak kalo engga pacaran, sesering mungkin melancong ke Bandung (maklum anak Jatinangor) ama temen-temen, ato ntar malem makan apa. Simpel. Baru mulai nyaritau soal PTT dari internet dan nanya-nanya senior yang udah ngejalanin itu sekitar pertengahan koas. Kebuka deh otak gue kalo yang namanya PTT itu ga cuma satu jenis, ga selalu di daerah pelosok banget yang masyarakatnya masih pake bahasa isyarat dan yang pasti ga selalu menderita. :D

Detail tentang klasifikasi PTT Pusat, Daerah dan cara lain mungkin udah banyak yang bahas di blog atau artikel tetangga, jadi gue cuma bakal bahas garis besarnya aja. Peraturan dan dasar hukum PTT dokter, dokter gigi dan bidan bisa diliat di Kepmenkes RI Nomor: 1540/MENKES/SK/XII/2002, sekalian membudayakan punya dasar atau referensi yang kuat sebelum bagi-bagi informasi nih. Tapi kalo ada yang tau versi lebih baru atau revisi dari kepmenkes ini boleh kasitau gue karena kalo ga salah ada versi taun 2010 keatas tapi gue ga nemu. Pada dasarnya tiga jenis PTT ini bedanya ada di empat konteks; masa bakti, asal pendanaan, besaran gaji dan lembaga yang memayungi.

PTT Pusat mewajibkan pesertanya untuk berbakti selama tiga taun untuk daerah kategori biasa dan dua taun untuk kategori terpencil dan sangat terpencil. Gaji yang diterima peserta tentu ga berasal dari pohon duit, asal pendanaannya dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) yang besarannya bisa diliat di ropeg-kemenkes.or.id...and wait there’s more! Beberapa daerah juga memastikan kesejahteraan dokter PTT Pusat di daerahnya dengan nambahin insenda (insentif daerah) yang besarannya biasanya tergantung PAD (Pendapatan Asli Daerah) masing-masing, jadi kalo tertarik dapet insenda yang besar bisa dicoba menyasar daerah penghasil minyak, logam mulia atau gas alam, jangan yang sekedar ngehasilin kuaci. PTT Pusat diselenggarakan oleh Kementerian Sihir Kesehatan dan pendaftarannya dibuka tiga kali setaun, sekitar Februari-Maret, Mei-Juni dan Agustus-September. Bagi yang berminat disaranin banget rajin buka situs ropeg kemenkes di bulan-bulan itu.

PTT Daerah, as it name implies, diselenggarakan oleh Dinkes (Dinas Kesehatan) daerah, baik itu Dinkes Provinsi atau Kabupaten. Negara ngasi kewenangan pada daerah yang merasa kebutuhan tenaga kesehatannya belum terpenuhi dengan syarat pembiayaannya pun mandiri berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), besaran gajinya tergantung lagi sama PAD (Pendapatan Asli Daerah) jadi balik lagi kalo orientasinya duit mesti pinter-pinter milih daerah yang tajir. Masa baktinya pun tergantung masing-masing daerah, ada yang tiga bulan, enam bulan, setaun dan bahkan ada yang nyamain PTT Pusat yaitu selama dua taun. Daerah-daerah yang gue tau buka PTT Daerah diantaranya; Prov. Kepulauan Riau, Prov. Bangka-Belitung, Kab. Lampung Timur, Kab. Serang, Kab. Tangerang, Prov. Kalimantan Tengah, Kab. Majene, Kab. Teluk Bintuni, Kab. Halmahera Selatan, Kab. Halmahera Tengah, Kab. Ketapang, Prov. Palu, dll. Informasi tentang PTT Daerah ini biasanya berasal dari mulut ke mulut, baik itu dari temen yang tau dari temennya atau dari senior yang udah beres masa baktinya di daerah itu. Bisa juga googling dan cari-cari info di internet, tapi sayangnya di era digital macem sekarang staf-staf di dinkes banyak yang belom gape sama teknologi. Pengalaman gue kemaren banyak banget webpage dinkes yang error atau udah lama banget ga di-update.

PTT cara lain ini menurut gue paling aneh dan kurang jelas dasar pelaksanaan dan mekanisme kerjanya. Sepemahaman gue, PTT cara lain ini diajukan oleh sebuah badan atau lembaga swasta kepada dinkes daerah agar tenaga kesehatan yang bekerja di bawah badan atau lembaga tersebut bisa masuk formasi tenaga kerja PTT, jadi secara garis besar pesertanya berada di bawah koordinasi badan atau lembaga swasta tersebut dan dinkes daerahnya. Besaran gaji yang diterima kabarnya cukup besar (kurang tau jumlah persisnya) karena berasal dari badan atau lembaga swasta dan pemerintah daerah sekaligus tapi karena itu juga mengharuskan masa bakti cukup lama yaitu tiga taun (berdasarkan kepmenkes diatas). Tapi kemaren sempet dapet tawaran PTT cara lain di Klinik ASRI, Taman Nasional Gunung Palung, koordinator yayasan penyelenggaranya ngeyakinin gue kalo PTT cara lain disana bisa cuma setaun aja. Well, like i said, paling ga jelas, jadi akhirnya ga gue ambil tawaran itu. Kalo temen-temen punya info lain soal PTT cara lain ini yang jelas keabsahannya boleh kasitau gue hehe.

Well sekian bahasan gue soal PTT, buat yang berminat ngejalanin baik motivasinya diangkat jadi PNS, surat SMB, duit ato pengalaman mending pikir-pikir dulu yang bener soal akan ambil PTT yang mana, dimana dan berapa lama. Take your time, masyarakat di pelosok akan tetap butuh kita sampe target pemerataan dokter dan tenaga kesehatan di Indonesia tercapai. Semoga PTT kita jadi PTT yang bermanfaat baik buat kita sendiri dan masyarakat, termaksimalkan dalam segala keterbatasan dan tetap ternikmati dalam segala kondisi. Amiin. :)

Tanjung Sendana, 6 September 2014
Arri Raditia, dr.

No comments: